SEO Content Writing merupakan kegiatan menulis konten atau artikel dengan pendekatan SEO (Search Engine Optimization). Tujuannya adalah agar artikel bisa meningkatkan visibilitas dan brand awareness, sebagai strategi pemasaran jangka panjang karena bersifat evergreen, mendapatkan user sesuai target, meningkat engagement, traffic, dan konversi website.
- Penulis telah mempulikasi artikel di website-nya,
- Google melakukan crawl, yakni mengumpulkan dan menyimpulkan data,
- Sistem akan melakukan index atau mempelajari struktur website,
- Google menentukan ranking artikel di search engine dengan algoritma-nya,
- Artikel SEO-friendly dengan struktur website yang baik dan memenuhi search intent akan meraih ranking teratas.
SEO sendiri menjadi penting bagi artikel karena Google melakukan pembaruan terkait Google E-A-T, dengan menambahkan huruf ‘E’ untuk mendeskripsikan Experience (pengalaman) menjadi E-E-A-T (Experience, Expertise, Authoritativeness, Trust). Ini artinya, Google sangat peduli dengan first hand experience untuk dapat diaplikasikan pada konten tulisan.
Oleh karena itu, penulisan artikel SEO wajib memerhatikan elemen penulisan SEO agar konten yang dihasilkan masuk di halaman pertama mesin pencarian Google. Sehingga karya harus berkualitas, SEO-friendly, dan mudah ditemukan pembaca.