Slot Gacor , Slot Gacor , Slot Dana , Mpo Slot
internet dan media digital setidaknya memiliki dua pengaruh pada demokrasi. Pertama, telah memfasilitasi pembentukan opini dan ekspresi warga negara. Kedua, internet dan media digital mungkin menurunkan (dalam beberapa kasus menghapus) biaya yang terkait dengan keterlibatan untuk pengaruh politik. Dalam pembentukan opini, memperkuat pandangan paling ekstrem dalam masyarakat untuk melemahkannya dari dalam adalah salah satu
yang paling sering digunakan dalam kampanye manipulasi informasi menjelang kontestasi politik. Kemudian, menjelekkan lawan politik demi keuntungan elektoral adalah taktik lain yang mempersulit masyarakat untuk bersikap demokratis, terlebih jika partai politik (parpol) dan calon legislatif (caleg) mempekerjakan juru kampanye online profesional untuk menghasilkan berita palsu tentang lawan mereka atau biasa disebut black campaign.
termasuk Indonesia mengingat umumnya mereka lebih memercayai media sosial daripada masyarakat Barat. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah penetrasi internet dalam kurun waktu satu dekade terakhir serta penurunan, merger atau bahkan tutupnya media utama sumber informasi resmi atau sumber-sumber tradisional seperti saluran televisi dan surat kabar di Asia Tenggara yang disebabkan oleh sifat politis dan partisan media tradisional dalam proses produksinya menjelang pemilihan umum (pemilu) dan juga kemudahan mengakses informasi menggunakan gawai yang terkoneksi dengan internet dewasa ini.
(AMRI) mengadakan Roundtable Discussion on Fake News and Communicating the Right Information yang disusul dengan diadopsinya Framework and Joint Declaration to Minimise the Harmful Effects of Fake News pada tahun 2018. ASEAN juga merilis Core Values on Digital Literacy yang bertujuan untuk mempromosikan literasi digital dan keamanan siber sebagai bagian dari upaya untuk menghindari berita palsu. Begitupula dengan Indonesia, yang terus mengupayakan untuk menekan penyebaran disinformasi ini.
Ketiga, menurut Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong, Indonesia sedang menerapkan tiga strategi yang terdiri atas strategi hulu (downstream) berupa edukatif preventif melalui sosialisasi literasi digital di mana hal ini sejalan dengan nilai yang dibangun oleh ASEAN. Edukasi literasi digital tidak hanya dilakukan secara daring saja melainkan juga secara langsung seperti yang dilakukan